Halaman

Sabtu, 24 Maret 2012

Arwana merah (Sclerophages formosus)

aku adalah ikan hias air tawar yang terpopuler di dunia. aku berasal dari perairan tawar kalimantan barat. tepatnya di sepanjang sungai ketungau dan sungai sungai lain di kabupaten kapuas hulu. sejak tahun 1993, aku dikukuhkan sebagai satwa nasional indonesia kategori satwa tirta dengan julukan 'satwa pesona'. aku juga sering disebut 'ikan naga'. ini karena tubuhku yang panjang dan memiliki sisik berwarna merah menyala dan berkilau indah. aku memiliki sungut di bibir bagian bawahku. sungut ini berfungsi sebagai sensor getar untuk mengetahui posisi mangsaku. aku memangsa kodok, lalat dan serangga kecil lainnya. untuk menangkap mangsaku yang sedang terbang, aku bisa melompat setinggi 1-2 meter dari permukaan laut.

gambar arwana merah :


sumber dari buku mengenal hewan & tumbuhan asli indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar