Halaman

Jumat, 23 Maret 2012

Macan tutul jawa (Panthera pardus melas)

aku adalah satwa langka yang menjadi satwa identitas provinsi jawa barat. di jawa barat, aku bisa ditemukan di taman nasional gunung halimun, gunung salak, gunung gede pangrango, gunung patuha dan gunung tilu cianjur. selain itu, aku juga bisa ditemukan di jawa tengah dan jawa timur. aku tinggal di hutan dan kadang di padang rumput. kini, aku semakin sulit ditemui karena populasiku semakin sedikit. panjang tubuhku sekitar 2 meter dengan bobot 70 kg. warna tubuhku kuning dengan totol totol hitam di seluruh tubuh. inilah yang membedakanku dengan macan lainnya. aku aktif berburu pada malam hari. hewan buruanku diantaranya babi hutan, monyet, kancil, burung dan tikus.

gambar macan tutul jawa :


sumber dari buku mengenal hewan & tumbuhan asli indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar