Halaman

Sabtu, 10 Maret 2012

Elang bondol (Haliastur indus)

sejak tahun 1989 aku ditetapkan sebagai fauna identitas provinsi DKI jakarta. aku memang berasal dari kepulauan seribu yang termasuk daerah DKI jakarta. namun, aku juga terdapat di maluku dan maluku utara. aku tinggal di hutan dekat pantai. kini, aku menjadi satwa yang dilindungi karena populasiku yang semakin langka. aku temnasuk raptor atau burung pemangsa yang berukuran sedang. panjang tubuhku dari ujung paruh hingga ekor mencapai 45-52 cm. lebar bentangan sayapku sekitar 110-125 cm. bulu tubuhku berwarna merah kecoklatan. sementara itu, bagian kepala, leher, sampai perut berwarna putih. aku sering berputar putar di angkasa untuk mencari mangsa. mangsaku adalah ikan, mamalia kecil, reptil dan katak. jika sudah meihat mangsa, aku akan segera menyambar mangsaku dengan kuku kukuku yang tajam. aku juga mampu terbang bebas hingga ketinggian 3000 diatas permukaan laut.

gambar elang bondol :


sumber dari buku mengenal hewan & tumbuhan asli indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar