Halaman

Jumat, 23 Maret 2012

Harimau loreng (Panthera tigris sumatrae)

akulah si raja hutan asli sumatra dan aku menjadi satwa identitas provinsi jambi. aku diantaranya tersebar di aceh, sumatra utara, sumatra barat, jambi dan bengkulu. warna tubuhku bergaris garis hitam. karena itu aku disebut 'harimau loreng'. panjang tubuhku mencapai 3 meter dengan tinggi 60 cm. dengan bobot 200 kg. sekali berbiak, aku dapat melahirkan 1-6 ekor anak. aku hidup di berbagai habitat. seperti hutan, pegunungan, rawa bakau dan padang rumput. aku lebih senang hidup sendiri, kecuali saat berbiak. aku lebih aktif mencari makan pada malam hari. makanan utamaku adalah mamalia berukuran sedang sampai besar seperti rusa, babi, kijang dan kancil. kini, populasiku menurun karena pembabatan hutan dan perburuan liar. manusia memburuku untuk mengambil kulit dan tulangku.

gambar harimau loreng :


sumber dari buku mengenal hewan & tumbuhan asli indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar