Halaman

Jumat, 02 Maret 2012

Ayam hutan merah (Gallus gallus)

aku adalah sejenis ayam berukuran besar. panjang tubuhku dari ujung paruh hingga ujung ekor sekitar 78 cm. aku mempunyai kulit muka berwarna merah dan iris mata berwarna cokelat. selain itu, aku memiliki jengger yang bergerigi dan gelambir yang berwarna merah. bulu di leher, tengkuk dan sayapku panjang dan runcing. warnanya campuarn kuning, cokelat dan keemasan. bulu di punggungku berwarna merah dan bulu di sisi bawah tubuh berwarna hitam mengilap. sementara itu, ekorku panjang berwarna hitam mengilap. aku tersebar di daratan rendah hutan tropis di benua asia. di indonesia, aku di antaranya terdapat di pulau sumatra, jawa dan bali. pada pagi dan sore hari aku keluar dari sarang untuk mencari makanan. makananku berupa biji bijian, pucuk rumput, serangga, cacing, kodok, dan hewan kecil lainnya.

gambar ayam hutan merah :


sumber dari buku mengenal hewan & tumbuhan asli indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar