Halaman

Jumat, 23 Maret 2012

Orangutan kalimantan (Pongo pygmaeus pygmaeus)

aku adalah primata endemik kalimantan. aku bisa ditemukan di hutan hutan kalimantan tengah, kalimantan timur dan kalimantan barat. tubuhku tinggi dan besar. tinggi orangutan jantan bisa mencapai tinggi 1-1,5 meter atau dua pertiga dari ukuran gorila. aku memiliki kepala yang besar dengan mulut moncong ke depan. aku juga memiliki tangan yang panjang dan kuat. telapak tanganku besar dengan empat jari panjang dan satu ibu jari. namun, kakiku pendek dengan susunan jari seperti kaki manusia. aku juga tidak memiliki ekor. seluruh tubuhku diliputi bulu atau rambut berwarna kecoklatan. kecuali bagian muka yang berwarna kehitaman. aku memiliki indra yang sama dengan manusia. yaitu penglihatan, pendengaran, penciuman, pengecap dan peraba. makananku berupa daun daunan, biji  bijian, kulit kayu, dan bunga bungaan. kini populasiku sangat langka. terutama karena hutan tempat tinggalku semakin sempit.

gambar orangutan kalimantan :


sumber dari buku mengenal hewan & tumbuhan asli indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar