Halaman

Jumat, 23 Maret 2012

Bekantan (Nasalis larvatus)

aku adalah kera yang memiliki hidung yang besar dan panjang. namun, hidung yang besar ini hanya ada pada bekantan jantan, sedangkan betina relatif lebih kecil. ukuran hidungku yang besar ini kadang kadang menyulitkanku untuk makan. rambutku berwarna cokelat kemerahan seperti bule. karena itu, aku juga sering disebut 'monyet belanda'. ciri khas lain dari tubuhku adalah perutku yang buncit. penyebaranku sangat terbatas, hanya di kalimantan selatan. populasiku juga semakin sedikit, bahkan di ambang kepunahan. aku hidup di hutan bakau, rawa dan pinggiran hutan. aku hidup berkelompok dengan kera lainnya. sebagian besar waktuku aku habiskan di atas pohon. aku juga pandai berenang. aku aktif mencari makan pada pagi dan sore hari. makananku adalah biji bijian dan daun daunan. sementara itu, pada siang hari aku beristirahat di tempat yang teduh. karena keunikan dan kelangkaanku inilah aku menjadi satwa identitas provinsi kalimantan selatan.

gambar bekantan :


sumber dari buku mengenal hewan & tumbuhan asli indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar