Halaman

Kamis, 22 Maret 2012

Badak jawa (Rhinocers sondaicus)

aku satwa identitas provinsi banten. berbeda dari badak lain yang memiliki dua cula, aku hanya memiliki satu cula di ujung hidungku. panjang culaku tidak lebih dari 20 cm. panjang tubuhku sekitar 3 meter dengan tinggi 1,5 meter. saat ini, aku adalah mamalia terlangka di bumi. kini, aku hanya ada di taman nasional ujung kulon di banten dan taman nasional cat tien di vietnam. populasiku di dunia tidak lebih dari 50 ekor. jaman ahulu,aku pernah menjadi badak di asia yang penyebarannya paling luas. aku pernah tersebar di assam, benggala, myanmar, thailand, kamboja, laos, vietnam, semenanjung malaya, hingga sumatra, jawa dan kalimantan. kelangkaanku ini karena banyak orang yang memburuku untuk mengambil culaku. sejak dulu, culaku memang sudah dimanfaatkan untuk pengobatan tradisional ala tiongkok.

gambar badak jawa :


sumber dari buku mengenal hewan & tumbuhan asli indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar