Halaman

Jumat, 23 Maret 2012

Gajah sumatra (Elephas maximus sumatranus)

aku adalah mamalia asli sumatera yang menjadi satwa identitas provinsi lampung. aku menyebar di hampir seluruh kawasan hutan ang ada di daratan sumatra. saat baru lahir, bobotku antara 75-100 kg. setelah dewasa bisa mencapai 3000-5000 kg. karena tubuhku besar, aku membutuhkan banyak makanan. dalam sehari, aku bisa menghabiskan 200-300 kg rumput dan dedaunan. serta minuman 20-50 liter air. hidung atau belalai ku yang panjang berfungsi untuk bernafas. selain itu, belalaiku bisa digunakan untuk mengambil makanan dan air minum. belalaiku bisa menampung air sebanyak 7-10 liter air. aku juga memiliki gigi panjang yang disebut gading. orang banyak memburuku untuk mengambil gadingku ini. karena inilah populasiku semakin berkurang.

gambar gajah sumatra :


sumber dari buku mengenal hewan & tumbuhan asli indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar