Halaman

Sabtu, 24 Maret 2012

Belida (Notopterus chitala)

panjang tubuhku bisa mencapai 87,5 cm dan berat rata rata 1kg. tetapi, ada juga yang beratnya 5 kg. aku mempunyai ciri khas berupa bentuk tubuhku yang menyerupai pisau. punggungku meninggi dan bagian perutku terlihat lebar dan pipih. ciri lainnya, sirip duburku menyambung dengan sirip ekor. aku aktif pada malam hari. pada siang hari, aku bersembunyi di antara tumbuhan air. mangsaku berupa anak ikan dan udang. kini, aku menjadi satwa identitas provinsi sumatra selatan. aku memang merupakan bahan baku makanan khas palembang yaitu kerupuk kemplang dan pempek. selain di sumatra, aku hidup di perairan tawar di jawa dan kalimantan. diantaranya kalimantan selatan, kalimantan tengah, kalimantan barat, jawa barat dan jawa tengah.

gambar ikan belida :
 

sumber dari buku mengenal hewan & tumbuhan asli indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar