Halaman

Kamis, 22 Maret 2012

Bajing terbang ekor merah (Lomys horsfieldi)

aku mamalia yang unik, karena aku bisa terbang. terbangku memang tak seperti burung, hanya melompat dari satu dahan ke dahan lain. namun, aku bisa menempuh jarak 135-450 meter. ini karena aku memiliki dua selaput di sisi yang menghubungkan tangan dengan kakiku. selain itu, ekorku yang panjang dengan ukuran 90 cm membantu keseimbangan tubuhku ketika terbang. aku sebenarnya sejenis mamalia pengerat, tetapi bukan tikus. aku juga berbeda dengan tupai. tupai mempunyai moncong (muka, mulut dan hidung) ang panjang, sedangkan mukaku relatif datar. panjang tubuhku sekitar 43 cm dengan berat 215 gram. buluku halus dengan warna ckelat keabu abuan hingga kehitaman. aku aktif mencari makan pada malam hari. makananku berupa buah buahan, kacang kacangan, dan ular kecil. daerah sebaranku cukup luas, meliputi pulau sumatra, jawa dan kalimantan. di antarana di sumatra barat, jawa barat, jawa tengah, dan kalimantan tengah.

gambar bajing terbang ekor merah :


sumber dari buku mengenal hewan & tumbuhan asli indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar