Halaman

Jumat, 02 Maret 2012

Cekakak tunggir putih (Caridonax fulgidus)

aku hampir sama dengan cekakak lainnya. panjang tubuhku 30 cm. bagian atas tubuh ku berwarna dominan hitam, kecuali di dekat ekor yang berwarna putih. mungkin karena iniah aku dinamai 'tunggir putih'. sementara itu, bagian bawah tubuhku yang berwarna putih dan paruhku merah menyala. aku burung endemik indonesia. penyebaranku cukup sempit. hanya di lombok, sumbawa (NTB) dan flores (NTT). aku hidup di hutan primer dan sekunder serta pemukiman yang memiliki pemukiman yang memiliki pohon besar. aku membuat sarang telur di lubang lubang tebing agar tidak diganggu oleh pemburu. aku lebih banyak bersantai di pohon, dan hanya berkicau di malam hari.

gambar cekakak tunggir putih :


sumber dari buku mengenal hewan dan tumbuhan asli indonesia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar