Halaman

Jumat, 23 Maret 2012

Beruang madu (Helarctos malayanus)

aku adalah satwa identitas provinsi bengkulu. sebenarnya ada dua jenis beruang madu di indonesia. pertama, helarctos malayanus yang ada di sumatra (terutama bengkulu) dan yang kedua helarctos malayanus euryspilus yang ada di kalimantan (terutama di balikpapan). populasiku kini semakin berkurang dan terancam punah karena hutan yang menjadi tempat tinggalku semakin sedikit. aku adalah jens beruang yang paling kecil diantara  delapan jenis beruang di dunia. tinggi badanku sekitar 1,2 meter dengan berat 48-63 kg.  aku lebih aktif pada malam hari. untuk memanjat pohon, aku menggunakan cakarku yang tajam. meski aku menyukai madu, sebenarnya makananku beragam. aku juga makan berbagai jenis semut, cacing, tabuan dan berbagai tumbuhan.

gambar beruang madu :


sumber dari buku mengenal hewan & tumbuhan asli indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar