Halaman

Sabtu, 10 Maret 2012

Elang jawa (Spizaetus bartelsi)

aku sering diidentikkan sebagai burung garuda yang sudah menjadi lambang negara indonesia. panjang tubuhku sekitar 60 cm. warna bulu kepalaku cokelat kemerahan dengan jambul yang menonjol hingga 12 cm. jambulku berwarna hitam dengan ujung putih. sementara itu, tengkukku berwarna cokelat kekuningan. sejak tahun 1993, aku dikukuhkan sebagai satwa nasional indonesia untuk kategori satwa angkasa dengan sebutan 'satwa langka'. keberadaanku juga dilindungi oleh undang undang. aku hanya ditemukan di daerah tepi hutan perbukitan dan pegunungan pulau jawa. aku senang bertengger di pohon yang tinggi. aku memangsa bajing, kalelawar, berbagai jenis reptil, burung sejenis walik dan burung punai, serta anak anak monyet.

gambar elang jawa :


sumber dari buku mengenal hewan & tumbuhan asli indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar