Halaman

Sabtu, 24 Maret 2012

Singapuar (Tarsius bancanus)

aku adalah hewan istimewa karena aku adalah primata terkecil di dunia. panjang tubuhku 12-15 cm dengan berat 80-140 gram. aku memiliki mata besar, bahkan lebih besar dibandingkan dengan otakku. mataku dapat melihat dengan tajam pada malam hari. sebaliknya, aku hampir tak bisa melihat pada siang hari. mataku tak bisa melirik. untungnya, kepalaku bisa berputar 180 derajat sehingga aku tetap bisa melihat sekeliling. wajah dan kelakuanku ini mirip dengan burung hantu. pada malam hari aku sibuk mencari makanan. sedangkan pada siang hari kami tertidur pulas. makanan utamaku adalah serangga. aku lebih sering berada di atas pohon dan melompat dari satu pohon ke pohon lain. lompatanku bisa mencapai 3 meter. ketika di permukaan tanah pun aku tetap melompat layaknya di atas pohon. aku biasa menandai wilayahku dengan air urinku. aku sebenarnya ada 4 jenis, yaitu tarsius bancanus bancanus, tarsius bancanus saltator. tarsius bancanus natunensis, tarsius bancanus borneanus. jenis yang pertama menyebar di sumatra bagian selatan dan tenggara (di antaranya jambi, bengkulu, pulau bangka dan lampung). jenis kedua endemik pulau belitung, di daerah bangka belitung, aku dinamai 'mantilin' dan dijadikan satwa identitas provinsi bangka belitung. jenis yang ketiga endemik kepulauan natuna (kepulauan riau). dan jenis yang keempat tersebar luas di kalimantan.

gambar singapuar :


sumber dari buku mengenal hewan & tumbuhan asli indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar